PELAYANAN KAMI

KAMI MELAYANI CETAK : KARTU NAMA * BUKU NOTA * AMPLOP * KOP SURAT * BROSUR * TAS KERTAS * STICKER VINIL * STICKER CUTTING * PAPAN NAMA * HANG TAG * LABEL * KARTU UNDANGAN * ID CARD * FLYER * STEMPEL FLASH * STEMPEL RUNAFLEK * SPANDUK * X BANNER * WEB DESIGN * CETAK DIGITAL * ***** We Serve From The Heart *****

OUR PRODUCT

machine duplicator digital

offset colour printing

8/10/09

TENTANG HARDWARE KONEKSI INTERNET

Perangkat keras ( hardware ) merupakan perangkat computer yang berupa perangkat elektronik yang membentuk sebuah computer secara nyata. Jadi dengan kata lain hard ware merupakan perangkat computer yang memiliki bentuk fisik. Untuk dapat mengakses internet pada prinsipnya perangkat keras yang diperlukan antara lain computer, modem, serta perangkat penghubung computer dengan jaringan.

Hardware Penunjang untuk koneksi internet

1. Komputer
Komputer merupakan perangkat yang paling utama untuk dapat mengakses sebuah internet, karena dengan menggunakan computer maka kita akan dapat mengakses ataupun melihat keluaran dari akses internet. Sebuah computer tidak semuanya dapat digunakan untuk mengakses internet, karena untuk dapat mengakses internet diperlukan spesifikasi minimal yang harus dipenuhi oleh sebuah computer sehingga sebuah computer harus memiliki kemampuan minimal sesuai dengan yang dipersyaratkan. Kemampuan atau spesifikasi computer yang diperlukan meliputi kemampuan processor, memori, serta monitor.

a. Processor
Processor disebut juga otak dari computer, karena dalam processor ini data yang masuk ke dalam computer akan diproses sehingga menghasilkan keluaran yang dapat diterima oleh pemakai baik berupa audio, visual, ataupun audio visual. Sebuah processor sangat penting bagi sebuah computer karena kemampuan processor akan mempengaruhi kemampuan computer dalam memproses data yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja computer secara keseluruhan. Semakin tinggi kemampuan sebuah processor maka akan semakin tinggi pula kemampuan computer dalam memproses data. Media ini terdiri dari 2 bagian yaitu :
1. Arimatik Logik Unit ( ALU )
berfungsi untuk melakukan operasi-operasi aritmatika dan logika. Sesuai dengan perintah program
2. Control Unit
CU berfungsi mengatur perangkat input dan output.
Apakah itu perangkat input dan output ?
Perangkat input adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data ke komputer agar dapat diterjemahkan dengan baik oleh computer. Seperti : keyboard, mouse, scanner, monitor (toof screen ), printer, dll.

Perangkat output befungsi untuk memberikan tampilan dari proses yang dijalankan computer.

Proses adalah pusat pengendalian dari sebuah computer. Ukuran dari suatu prosesor di notasikan dalam Mega Hertz ( MHz ) sampai Giga Hertz ( GHz ) disebut dengan dok. Ukuran ini memperlihatkan kecepatan proses dalam mengolah data. Merk- merk : Intel, Amd, Ibm, VIA, dll.

Di dalam internet terdapat banyak sekali informasi dari tingkat sederhana hingga dengan tingkat kesulitan yang tinggi, dari hal-hal sederhana hingga hal-hal yang rumit. Dengan adanya keragaman dan banyaknya data maka untuk mengakses internet diperlukan computer dengan kemampuan yang tinggi, dalam hal ini kemampuan processor yang tinggi. Untuk mengakses internet diperlukan processor dengan kemampuan minimal 60 Mhz atau setara dengan kemampuan processor Pentium 1.
b. Memori
Memori adalah tempat tersimpannya data seperti pesan, gambar, suara, program aplikasi, dan sebagainya dalam computer. Secara umum memori computer dikelompokkan menjadi 2 yaitu :
• Media Penyimpanan Volatile
Media ini hanya bisa menyimpan data pada saat ada aliran listrik. Setelah aliran listrik tidak ada maka data akan hilang. Ex : RAM ( Radom Akses Memon ).

• Media Penyimpanan Non Volatile
Adalah media penyimpanan yang bisa menyimpan data walaupun tanpa arus listrik. Ex : ROM ( Read Only Memon ), hardisk, flopidisk.

Jenis-jenis memori :
A. Cache Memory adalah memori yang memiliki kecepatan tinggi yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan Prosesor. Umumnya menggunakan memory statik ( SRAM )
B. Random Aces Memory ( RAM )
RAM adalah media penyimpanan yang bersifat volatile ( Hanya bisa menyimpan data jika mendapat aliran listrik ). Kapasitas penyimpanan RAM dinyatakan dalam satuan Megabyte. RAM bekerja dengan listrik berupa chip buka dengan motor sehingga kerjanya pun lebih cepat.
C. Hard Disk ( HD )
Hard disk merupakan media penyimpanan data yang bersifat non volatile. Hard disk mempunyai piringan metal yang dapat menyimpan data berupa titik-titik magnet. Hard disk yang umum dijual sekarang ini berkapasitas 80 GB ke atas. Ada beberapa jenis HD seperti DATA, SCSI, SATA, yang sering digunakan adalah SATA dan PATA yang agak ditinggal.
D. Virtual Grafic Adaptor ( VGA )
VGA adalah piranti penghubung antara computer dan monitor. Dilihat dari fisiknya VGA terdiri dari jenis add-on ( VGA yang ditancapkan di slot VGA ).

ROM merupakan memori computer yang sifatnya tetap dan permanen. Memori ini selamanya akan ada dalam computer dan isi yang ada tidak bisa diubah, ditambah atau dikurangi. Sedangkan RAM adalah jenis memori yang memiliki sifat statis. Dalam pengoprasian program RAM sangat penting perannya berkaitan dengan kecepatan proses. Untuk menunjang proses akses internet diperlukan memori RAM dengan kemampuan minimal 16 Mb.

Monitor
Pada computer monitor merupakan salah satu perangkat output yang mengeluarkan hasil pemrosesan data secara visual. Hasil pemrosesan data yang ditampilkan pada monitor memiliki sifat soft copy yang artinya akan hilang apabila computer dimatikan atau denagan kata lain bersifat sementara.
Berdasarkan bentuknya monitor dapat dibedakan menjadi dua yaitu monitor CRT ( tabung ) dan monitor LCD ( flat ). Terlepas dari jenis monitor yang digunakan untuk dapat mengakses data pada sebuah internet sebuah computer harus dilengkapi dengan computer berbasis VGA ( Video Graphic Array ) yang merupakan standard output grafik dasar.

2. Modem
Modem merupakan singkatan dari modulator de modulator. Fungsi utama dari modem adalah menghantarkan dan menerima data dari sebuah PC ke sebuah PC yang lain melalui jaringan telepon. Modulasi demodulasi dapat diartikan sebagai denyut elektronis dari computer menjadi suara sehingga dapat dihantarkan melalui jaringan telepon. Prinsip kerja modem dalam mengubah sinyal adalah :
a) Sinyal dikirimkan melalui jaringan telepon
b) Modem akan menerima sinyal tadi untuk kemudian diubah menjadi denyut elektronis.
c) Sinyal yang telah dirubah menjadi denyut elektronis kemudian dikirimkan ke computer untuk diproses dalam processor.
d) Computer akan menterjemahkan denyut elektronis yang masuk untuk kemudian dikeluarkan dalam bentuk audio maupun visual.
Dalam akses internet kecepatan modem sangat mempengaruhi kecepatan akses internet, dimana kecepatan modem yang dipersyaratkan untuk mendapat mengakses internet adalah 28,8 kbps.

Untuk lebih detail silahkan anda klik di sini

No comments:

Post a Comment